Sabtu, 11 Juni 2011

Taman Instan

Jika anda termasuk orang yang kurang beruntung, tidak memiliki lahan rumah yang luas, tak perlu khawatir. Anda tetap bisa menghadirkan suasana alam di rumah. Salah satunya dengan membuat taman instan yaitu sebuah taman yang tidak memerlukan media tanah secara langsung tapi menggunakan wadah tertentu untuk menanam tanaman, sehingga mudah dibongkar pasang kembali.
Pembuatan taman instan cukup mudah, cepat dan tidak perlu banyak keahlian khusus serta tempat yang dibutuhkan relatif kecil dan dapat ditempatkan dimana saja baik Indoor maupun outdoor. Pada prinsipnya, taman instan merupakan kreativitas perpaduan berbagai tanaman pot dengan berbagai jenis. Tanaman yang dipakai di Taman Instan untuk Indoor bisa menggunakan tanaman yang masih dalam polibag dengan kebutuhan air yang relatif sedikit, low maintenance dan bisa didesain dengan warna yang menarik.

FUNGSI TAMAN INSTAN
Fungsi Taman Instan sendiri sebenarnya hanya sebatas dekoratif saja, agar menarik orang untuk melihatnya dan memasukkan suasana luar didalam ruang. Jika penasaran dengan model taman instan, seperti apa bentuknya? Sebenarnya kita sudah sering melihat taman instan namun mungkin tidak menyadarinya yang kita lihat adalah taman instan. Pernahkan anda ke resepsi pernikahan saudara teman atau kolega? Jika pernah hiasan dekoratif pelaminan pengantin adalah taman instan.

Ada yang dihiasi air mancur, patung-patung lucu, dan lain-lain. Selain itu saat ini sudah banyak kantor-kantor, kampus, sekolahan, dan ruang-ruang publik sudah ada taman taman kecil disudut-sudut ruang. Ini berfungsi agar ruangan tersebut tidak terlihat kaku. Dengan adanya tanaman-tanaman tersebut orang yang melihatnya mungkin merasa nyaman dan asri. Dengan begitu secara tidak langsung dapat mempengaruhi emosi dan pikiran orang-orang yang melihatnya, sehingga dapat meningkatkan produktivitas kerja.

TEMA
Tema taman sangat variatif, yang paling baik adalah diselaraskan dengan gaya arsitektur bangunan rumah. Ada beberapa pilihan yang dapat dikembangkan, yakni tema taman tropis (tanaman warna-warni), taman aromatik (tanaman berbau harum wangi), taman apotek hidup (tanaman berkhasiat obat), atau taman rempah (tanaman kebutuhan memasak).

Rumah etnik tradisional atau tropis tentu lebih tepat menggunakan pot-pot dari gerabah atau tanah liat atau kaleng bekas yang dicat unik dengan tanaman berbunga atau berdaun warna-warni. Rumah kontemporer dan minimalis menggunakan pot-pot berbahan seng dan botol untuk tanaman air dengan tanaman teduh yang eksotik Sedikit inovasi dalam menata taman instan dengan memadukan berbagai tanaman secara berkelompok sesuai jenis dan warna, kolam ikan dari gentong gerabah, air mancur siap pajang, dan ornamen taman misalnya batu alam besar, patung gerabah, bangku, lampu. (rudy dewanto, diolah dari berbagai sumber . foto : istimewa)
http://www.rudydewanto.com/2010/04/taman-instan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar