Rabu, 16 November 2011

Membuat Rak Minimalis

Menggunakan besi yang menempel ke dinding menjadikan ambalan tampak rapi. Tak terlihat siku-siku atau bracket. Coba saja. Mudah, kok.


Ambalan makin berdaya-guna dan disukai, terutama untuk rumah-rumah kecil. Fungsinya sebagai tempat menyimpan barang, buku, atau pajangan pernak-pernik. Ambalan tak menyita tempat; dapat diletakkan di mana saja: ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan, kamar tidur, kamar mandi, dapur, bahkan teras sekalipun.

Bentuk ambalan serupa dengan rak, berupa sebilah papan solid atau olahan, yang ditempelkan ke dinding secara horizontal. Pemasangan ke dinding dapat dilakukan dengan berbagai cara. Ada yang menggunakan siku sederhana dari aluminium atau kayu, bracket yang fleksibel, atau angker besi.

Memasang ambalan tidak sulit. Begitupun menyediakan sebilah papan. Anda cukup mengukurnya sesuai kebutuhan. Sebagai contoh, ambalan dari multipleks sepanjang 90cm, lebar 25cm, dan tebal 4cm. Boleh juga dari kayu solid, ukuran panjang 60cm, lebar 20cm, dan tebal 2cm.

Bagaimana membuat dan memasang ambalan dengan angker besi, agar tampak lebih rapi dan presisi? Berikut contoh ambalan dari multipleks berukuran panjang 90cm, lebar 25cm, dan tebal 4cm. Perhatikan pembuatannya, agar ambalan tidak bergoyang atau melorot.:


1. Siapkan multipleks 3cm yang dilapis tripleks 5mm dengan coating takon. Lapisan tripleks dibuat lebih menonjol 5mm di satu sisi (bagian yang menempel), sedangkan sisi lain dibuat rapi (seperti permukaan). Lubangi bagian multipleks dengan tiga lubang untuk menyelipkan angker besi. Jarak lubang dari kedua ujung masing-masing 20cm, dan jarak ke lubang tengan 25cm.


 2. Siapkan sebatang besi 3mm lebar 1inci (2,5cm). Potong dengan ukuran 87cm (satu batang) dan 22cm (tiga batang). Siapkan juga beberapa paku 2inci. Las ketiga besi 22cm ke besi 87cm, dengan jarak disesuaikan dengan lubang papan. Beri lubang-lubang untuk paku. Pasang atau tempelkan di dinding dengan memakunya dengan kuat.


 3. Pasang papan multipleks yang sudah dilubangi tadi dengan memasukannya ke angker yang sudah menempel di dinding. Ambalan pun siap, dan dapat dipasang-dilepas dengan mudah.

Sumber : http://arsip.ideaonline.co.id/article.php?name=/pakai-angker-besi-lebih-presisi&channel=tips_trik/pemasangan&print=1

25 komentar:

  1. Terima Kasih Banyak yaa tips nya.. sangat bermanfaat.. ^^

    BalasHapus
  2. oke idenya cukup kreatif...tapi sya masih bingung bagaimana cara mengunci papan dan besi agar tidak mudah lepas.

    BalasHapus
  3. Akhirnya dapet juga info na... makasih ya mas brooo... ^_^

    BalasHapus
  4. itu maksutnya tebal multiplak tebal 4 cm, terus multiplak 3 cm itu apa ya?

    BalasHapus
  5. Makasih banyak Mas Ridwan,atas pengetahuannya.mudah-mudahan semakin bertambah ilmunya

    BalasHapus
  6. cool mas ridwan, tengkyu udah disharing ilmunya

    BalasHapus
  7. Panjang ambalan maksimal brapa ya? mohon infonya

    BalasHapus
  8. thank ilmunya semoga menjadi amal terbaik amiiin

    BalasHapus
  9. nyuwun sewu saya ijin mempraktekannya buat mini market insyaallah berhasil :)

    BalasHapus
  10. semoga barokah dan bertambah lagi ilmu yang bisa di bagi-bagikan Mas... "mantap"

    BalasHapus
  11. mas Ridwan, kalo mau pesen floating desk gini harganya sekitar berapa ya?

    BalasHapus
  12. Makasih Mas Ridwan sudah share ilmunya,sudah lama saya nyari tips seperti ini dan akhirnya ketemu juga.........semoga barokah...amin

    BalasHapus
  13. Wah kreatif juga ya, unutk pembuatan besinya di tukang las kena berapa ya? mahal ngga?

    BalasHapus
  14. besinya sudah ada yang jual atau pesan sendiri pak? trims

    http://menulzword.blogspot.com/

    BalasHapus
  15. matur nuwun ilmunya mas semoga sehat selalu

    BalasHapus
  16. untuk pembelian rak bisa kunjungi : https://www.bukalapak.com/irmawan2009

    BalasHapus