Rabu, 23 November 2011

Capung vs Seset

    Anda tahu Capung??? Anda tahu Seset???  yupz.... mereka adalah hewan yang sama, cuma beda teks bahasa saja, karena dalam jawa capung disebut seset. hehehehehe......
    Ternyata capung itu punya sifat kanibal juga loh.... (begitu juga seset, hehe) alasan ilmiahnya saya tidak tahu. tapi saya punya bukti buat Anda. dibawah ini ada beberapa foto seekor capung memangsa capung lainnya. foto ini saya dapatkan sewaktu lagi iseng-iseng ambil foto bunga didepan rumah.

     Sewaktu kecil saya dan teman-teman sering berburu capung, caranya mudah,
  • Siapkan ranting pohon yang agak panjang
  • Setangkai lidi
  • Lecang (getah pohon yang punya daya lekat, biasanya diambil dari kayu Jaran)
pasang lidi di ujung ranting kayu kemudian lilitkan lecang secukupnya. lalu kita buru deh capung itu. harus pelan-pelan agar capungnya tidak lari. Biasanya sekali berburu bis mendapatkan sekitar 100 ekor capung. setelah dikumpulkan semua, tusuk berbaris capungcapung tadi dengan lidi kemudian dibakar dengan api kecil, campurkan garam sewaktu dibakar. heemmm..... aromanya muantap....!!! settelah masak, lansung makan deh tuh sate capung. Kata mbah,  capung ini bisa mengobati kebiasaan ngompol, tapi saya tidak tahu pasti kemanjurannya karena saya tidak pernah ngompol. hehehehehe.....







    Sampai jumpa di postingan berikutnya... bye-bye......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar